Tuesday, April 2, 2013

Cara Sehat Mengecilkan Perut yang Membuncit


Perut yang nampak membuncit bukan hanya monopoli mereka yang kelebihan berat badan; bahkan orang yang beratnya ideal sekalipun juga bisa memiliki perut yang nampak buncit. Bentuk perut seperti ini memang tidak berbahaya, tetapi biasanya tidak disukai secara estetika dan bisa membuat urusan mencari celana atau rok yang pas menjadi sulit. Jamu pelangsing, obat-obatan dan diet ketat sering dijadikan solusi untuk mengecilkan perut, tetapi tidak dikontrol dengan baik, produk-produk tersebut bisa membuat ketagihan bahkan membahayakan kesehatan.
Mendapatkan perut yang tidak buncit (walaupun mungkin juga tidak rata sekali) sebenarnya bisa dilakukan dengan cara alami. Yang diperlukan hanya kemampuan untuk memilah-milah antara makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan yang tidak karena bisa mengakibatkan perut membuncit. Selain itu, ada juga jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut dengan cepat, alami dan aman.
Berikut beberapa cara sehat mengecilkan perut yang bisa dicoba:
  1. Kurangi jenis makanan dan minuman yang bisa membuat lemak perut menggunung atau perut kelihatan gembung seperti soda, minuman beralkohol, makanan yang digoreng dengan terlalu banyak minyak, makanan kalengan, junk food dan makanan yang terlalu asin (garam bisa membuat perut terlihat lebih besar karena kembung dari dehidrasi).
  2. Lakukan olahraga kardio selama paling tidak 30 menit, 4 hari dalam seminggu. Tidak perlu langsung memborong latihan atau olahraga selama 30 menit; bisa juga latihan ini dilakukan terpisah dimana masing-masing berjangka waktu 10 menit. Latihan kardio bukan hanya akan menguatkan jantung, melainkan juga mengikis lemak yang berlebih dari tubuh.
  3. Jangan hanya berpatokan pada latihan kardio. Cara sehat mengecilkan perut adalah dengan melakukan olahraga yang sifatnya penguatan otot seperti sit up, push up, latihan beban dan pilates atau yoga bersama dengan latihan kardio. Dengan demikian, bukan hanya lemak yang terkikis lebih cepat, namun otot juga bisa lebih terpahat (termasuk otot perut). Lakukan olahraga semacam ini 2 hari dalam seminggu, masing-masing minimal 20 hingga 30 menit.
  4. Potong kalori berlebih dari makanan dengan cara-cara berikut: mengganti sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti tawar menjadi karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan roti gandum utuh, menambah porsi sumber protein nabati ketimbang hewani dan menambah porsi sayuran serta buah-buahan segar ke dalam tiap porsi makan. Sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang bisa mengatasi sembelit (yang juga merupakan penyebab perut kelihatan membesar).
  5. Jika ingin minum jus buah, jangan minum jus kemasan. Jus macam ini biasanya sudah kehilangan sebagian besar serat dan vitaminnya, dan juga diberi terlalu banyak gula sehingga malah berpotensi menimbun lemak perut. Jika ingin menikmati jus buah tanpa membuat lemak perut bertambah, blender buah segar. Ini bukan hanya merupakan cara sehat mengecilkan perut, namun juga merupakan cara yang lebih menyenangkan dalam menikmati bermacam-macam buah (misalnya stroberi diblender bersama jeruk dan mangga atau apapun sesuai selera).
Bagaimana, mudah bukan? Setelah mengetahui semua cara-cara ini, yang dibutuhkan tinggal kedisiplinan untuk terus melakukannya sampai bentuk perut ideal bisa dicapai. Jika anda ingin menggunakan cara ekstra seperti minum jamu pelangsing, hal itu boleh-boleh saja asalkan jamu tersebut sudah terbukti khasiatnya, aman dan tidak membahayakan kesehatan serta tidak dijadikan bahan ketergantungan. Cara yang alami selalu lebih baik dan sehat serta aman.




No comments:

Post a Comment